Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Tetap Awet

Blog Membahas Belajar Blogging Untuk Pemula

Sunday 11 October 2015

Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Tetap Awet

Komputer merupakan salah satu teknologi yang sudah menjadi kebutuhan manusia dan juga untuk mempermudahkan manusia untuk mencari pekerjaan secara online atau juga dapat untuk berkomunikasi.Pasti semua orang sudah mengenalnya kan walaupun nenek-nenek atau kakek-kakek sudah mengetahui apa itu komputer. Komputer memang sangat bermanfaat bila kita bisa menggunakannya secara baik, pasti anda tahu kan biasanya kalau sekolah sekarang kalau mengerjakan tugas pasti dusuruh untuk kewarnet. Nah jika komputer sering kita pakai pasti otomatis akan menjadi rusak, maka dari itu kita perlu merawat komputer agar tidak cepat rusak . Nah saya akan memberikan tipsnya biar komputer anda tidak cepat rusak, simak berikut.
Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Tetap Awet
Bagaimana Cara Merawatnya
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel mengenai Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Awet biar komputer anda tidak cepat rusak jika melakukan tips dibawah ini.

1. Bersihkanlah Komputer Anda
Nah tips yang pertama ini perlu anda lakukan, Bersihkanlah pada bagian layar komputer, keyboard mouse, dan meja komputer anda secara rutin, pastikan membersihkan komputernya jangan menggunakan air hehe, kalau membersihkan gunakanlah kain yang agak basah tetapi jangan terlalu basah, bisa di peras dahulu kain tersebut biar airnya keluar dari kain tersebut tetapi membersihkanya jangan di bagian dalam komputer menggunakan kain basah, cuma membersihkanya bagian depan saja seperti layar komputer, keyboard,CPU, dll. maka dari itu nanti komputer anda bisa terlihat seperti baru dan bukan itu saja bisa tambah awet komputer anda.

2. Matikanlah Komputer Sesuai Dengan Aturan
Anda janganlah pernah mematikan computer lewat cara yg tidak baik contohnya saja seperti langsung mencabut kabel komputer itu merupakan hal yang salah kalau diterus-teruskan akan berdampak buruk pada komputer anda. Pastikan anda kalau ingin  mematikan komputer dengan cara memakai shutdown pada komputer anda. Pakai stavolt untuk hindari mati listrik mendadak. Atau bila anda terlalu lama memakai komputer restart lah terlebih dulu, agar seluruhnya sistem computer kembali normal. dan agar komputer anda tidak ngelag.

3. Tutup Program Yang Tidak Digunakan Lagi
Hal ketiga ini adalah Menjalankan aplikasi secara bersamaan , akan memperlambat kinerja pada komputer anda, hal ini dikarenakan pemakaian memory dari komputer yang semakin besar yang mengakibatkan kinerja sistem mulai menurun dan juga lemah. Untuk mengantasi hal tersebut, sebaiknya Anda tutup aplikasi yang tidak digunakan agar kinerja sistem komputer bisa lebih stabil dan secara otomatis memperpanjang umur perangkat komputer Anda.

Baca Ini Juga : Cara Memilih Modem USB Yang Baik Dan Cepat

4. Hapus Program Yang Tidak Berguna
Pada umumnya biasanya kapasitas hardisk yang terlampau banyak tersita bakal memperlambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya bakal lebih berat hingga harddisk bakal cepat rusak atau bodol. Umumnya bakal nampak warning juga space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport bakal hal yang seperti ini. Maka dari itu uninstalah program yang menurut anda tidak berguna atau tidak bermanfaat.

5. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor.
Hal ini kedengarannya seperti hal biasa dilakukan, karena pada umumnya speker diletakkan dekat di sisi kiri monitor dan sisi kanan monitor agar terlihat lebih rapi. Perlu anda tahu medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang. Dapat kami sarankan jarak speaker active anda masing-masing sebelah kiri dan kanan adalah 30cm agar medan magnet pada speaker tidak mempengaruhi warna monitor anda.

6. Hindarilah Komputer Dari Gelas Air Minum
Biasanya memang orang yang sedang beraktifitas didepan komputer jika terlalu lama akan merasa haus atau lapar, sama seperti saya juga kalau di depan komputer selama 3 jam saya pasti akan merasa haus, nah pastikan anda jauhilah barang yang ada airnya seperti air minum gelas,dll ini merupakan hal yang berbahaya jika tidak di hindari jika sampai terjadi pasti biasanya gelas akan tumpah gara-gara tangan kita yang tak sengaja mengenai gelas tersebut maka otomatis komputer kita akan rusak jika gelas air minum tersebut mengenai bagian dalam CPU.

7. Install Antivirus dan update secara berkala.
Setiap komputer pasti pernah mengalami masalah seperti terkena virus, nah untuk dapat mengenali virus-virus baru pada komputer anda sebaiknya update program antivirus anda secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer anda dapat membuat anda menginstal ulang komputer anda. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstal ulang.

8. Gunakankah Komputer Dengan Baik 
Siapa yang tidak mengenal game online seperti Point Blank, Dragon Nest, Atlantica dll pasti bagi para remaja sudah mengetahui game tersebut. Pasti bagi yang pernah main point blank pernah melakukan membanting mouse atau keyboard mungkin gara-gara kita kalah dalam main game online tersebut, ini merupakan hal yang salah dalam menggunakan komputer jika hal ini diterus-teruskan pasti komputer kita akan rusak terutama pada mouse atau keyboard. nah jika anda pernah melakukan berhentilah melakukan hal tersebut dari sekarang biar komputer anda gak cepat rusak, kalau rusak pasti kan anda yang rugi.

9. Ventilasi yang cukup.
Maksudnya adalah tempatkan monitor maupun CPU anda sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor/CPU cukup lebar dan udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Jika perlu pasang kipas angin/AC di dalam ruangan.
Share :
Facebook Twitter Google+

5 komentar

Write komentar
Unknown
ADMIN

Laptop saya malah bawahnya kena lem cina, tapi semoga gak sampe kadalam deh :D

Reply
avatar
Ahmad Aditya
ADMIN

Setuju.. Terutama no.3 dan 5

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

wah bermanfaat , makasih gan :)

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

izi menerapkan gan

Reply
avatar

Peraturan Berkomentar
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Dilarang Mencantumkan Link Aktif atau Link Tidak Aktif
3. Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
4. Dilarang Spam Dalam Berkomentar
5. Dilarang Saling Menghina

 
Back To Top