Mengecek Kecepatan Loading Halaman Blog

Blog Membahas Belajar Blogging Untuk Pemula

Monday 19 October 2015

Mengecek Kecepatan Loading Halaman Blog

Halo sobat caraneweb bagaiaman kabar kalian semua, kalau saya sih alhamdulillah sehat sudah dua hari saya gak posting artikel blog ini pasti kalian gak sabar pengen baca artikel yang saya mau publikasikan ini, nah saya sekarang akan membahas mengenai cara mengecek kecepatan blog, memang benar memiliki blog dengan memiliki loading blog yang cepat bisa menambah pengunjung, karena pengunjung suka dengan blog yang memiliki loading blog yang cepat karena itu sama saja dapat menghemat waktu kita juga kan.

Pasti anda tahu indonesia kan keneksinya lelet penyebabnya katanya negara indonesia itu pengguna internet sangat banyak tercatat juga penguna internet terbanyak peringkat ke delapan, nah normal saja koneksinya jadi lelet di negara indonesia , kalau anda pengen internetan koneksinya cepat pergi aja ke negara hongkong atau korea karena negara tersebut koneksinya sangat cepat sampai-sampai jika kita nonton video di youtube tanpa buffering pasti enak tuh haha.

Nah kita sebagai blogger indonesia kita tentu harus memperhatikan kecepatan blog kita, kalau kita tidak memperhatikan pasti pengunjung akan kecewa terhadap blog kita karena blog kita terlalu berat untuk di akses sehingga pengunjung akan pergi dari blog kita nah kalau itu bisa mengurangi pageview blog kita, Kalau blog anda terlalu berat anda bisa mengganti template yang ringan banyak kok di internet yang menyediakan template fast loading.
Baca Ini : Cara Mempercepat Loading Halaman Blog
Bagaimana Cara Mengeceknya?
Nah jika anda ingin mengecek kecepatan blog anda , itu bisa dilakukan caranya sangat mudah kok, cuma kita hanya memasukan URL blog kita ke situs tempat pengecekan kecepatan blog anda tidak perlu mencari situs tersebut saya akan memberikanya kok untuk anda yang sedang kebingungan bagaimana cara mengecek kecepatan blog.

1. Mengecek kecepatan Blog dengan PageSpeed Insights
Yang pertama ini yang paling saya suka karena tampilanya simple dan enak untuk dipandang selain itu situs ini mobile friendly bisa di akses di smartphone jika anda tertarik anda bisa mengunjungi situs ini PageSpeed Insights
  1. Masukan URL Blog anda
  2. Tunggu beberapa detik untuk memprosesnya
  3. Jika proses sudah selesai maka ada tampilan seperti dibawah ini.
Mengecek Kecepatan Loading Halaman Blog
PageSpeed Insights
Nah tampilanya seperti diatas anda bisa klik mobile untuk memilhat kecepatan blog anda di perangkat seluler seperti handphone. 
Tetapi kalau anda ingin melihat kecepatan blog anda di perangkat komputer anda bisa klik Desktop seperti gambar di atas.

2. Mengecek Kecepatan Blog Dengan GTmetrix
Kalau anda ingin mengecek kecepatan blog selain menggunakan situs PageSpeed Insights anda bisa menggunakan GTmetrik karena tampilanya sangat elegan dan bagus, jika anda berminat untuk mengeceknya anda bisa mengunjungi situs GTmetrik
  1. Kemudian masukan URL blog anda
  2. Tunggu beberapa detik hingga prosesnya selesai
  3. Jika sudah maka ada tampilan seperti di bawah ini
Mengecek Kecepatan Loading Halaman Blog
GTmetrix
Simpulan
Jika Loading blog anda 75/100, itu berarti loadinya normal. Tetapi jika kecepatan loading blog anda dibawah 75/100, berarti blog anda termasuk blog yang berat loadingnya.

Nah sekarang pasti anda sudah tahu kan kecepatan blog anda pasti diantara kalian ada yang loadingnya cepat tetapi jangan sedih anda bisa menggantinya dengan template yang lain, biar loadingya cepet kaya kilat hehe.

Demikian semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua jika ada kesalahan dalam artikel diatas saya mohon maaf ya, bagi sesama manusia kita harus saling memaafkan loh jika tidak nanti mendapatkan dosa loh, Terima kasih sudah membaca artikel ini.
Share :
Facebook Twitter Google+

8 komentar

Write komentar
Rizki
ADMIN

skor ane 68 gan, perlu banyak optimasi nih

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Sip gan. Izin nyoba :D

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Iya nih, ganti aja templatenya gan yang fast loading kan banyak di internet :)

Reply
avatar
Anonymous
ADMIN

skor ane dari Google Developments 68 dan dari gtmetrix 72.. emang sih kebanyakan masang gambar :/

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

skor tampilan blog saya di seluler dapet 74, perlu banyak perbaikan nih. thanks gan infonya.

Reply
avatar

Memang perlu diakui kecepatan blog mempengaruhi google serp. Blog saya sendiri menggunakan gzip compress buat meringankan template.

Makasih ya ulasannya sangat membantu. Karena saya sendiri tiap minggu sekali saya lakukan cek takutnya load jadi lambat.

Ditunggu juga kunjungannya

Reply
avatar
danu adji
ADMIN

bingung mau otmimasi caranya gimana, ane pake wordpress, penjelasanya pakai cara google

Reply
avatar

Hmm wah ane baru beberapa bulan bikin blog nih gan, sepertinya blog ane masih perlu di optimasi lagi. Apalagi kecepatan loadingnya nih, kalau skornya seperti ini gimana gan? Mohon bimbingannya gan...
https://gtmetrix.com/reports/jefryd.com/iMOrWTog

Reply
avatar

Peraturan Berkomentar
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Dilarang Mencantumkan Link Aktif atau Link Tidak Aktif
3. Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
4. Dilarang Spam Dalam Berkomentar
5. Dilarang Saling Menghina

 
Back To Top