Cara Memilih Modem USB Yang Baik dan Cepat

Blog Membahas Belajar Blogging Untuk Pemula

Sunday 4 October 2015

Cara Memilih Modem USB Yang Baik dan Cepat

Kalau internetan memang kita perlu modem bagi yang tidak memiliki wifi sendiri, perkembangan jaman memang banyak perubahan di dunia teknologi apalagi di bidang internet, apalagi internet sekarang menjadi kebutuhan manusia untuk mencari informasi maupun memberikan informasi untuk semua orang ,memang benar internet indonesia gak cepat seperti negara korea yang internet nya tercepat di dunia.

Cara Memilih Modem USB Yang Baik dan Cepat
Nah saya kali ini akan memberikan tips cara memilih modem yang bagus dan baik mungkin bagi yang ingin membeli modem perlu membaca tips cara memilih modem yang bagus biar pada saat membeli modem sudah tahu mana yang bagus dan mana yang jelek. Apa sih itu modem? Modem merupakan alat yang fungsinya menerima sinyal untuk berinternet. Oleh karena itu, memilih modem yang tepat juga menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan koneksi terbaik saat browsing menggunakan internet Anda.

1. Pilihlah Modem Dengan Merk Terkenal
Memang modem yang dengan merk terkenal atau ternama sudah terbuktu dengan kualitas modem yang baik, Jika anda ingin membeli sebuah modem jangan dilihat dari harganya yang murah karena belum tentu modem tersebut kualitasnya baik ,dan juga harus memiliki konsumen yang banyak dan setia. Lebih baik membeli modem yang mahal biasanya itu berkualitas dan baik dengan begitu anda tidak akan menyesal kalau sudah membeli modem yang baik dengan merk terkenal.

2. Sesuiakan Dulu Sistem Operasinya
Hal yang kedua yang harus diperhatikan adalah sistem operasinya Biasanya pada setiap produk modem USB pastinya diberikan keterangan tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntung bagi Anda yang menggunakan sistem Windows 7 karena hampir seluruh produk modem USB yang beredar di pasaran kompatibel dengan OS besutan Microsoft tersebut. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Linux maupun Unix harus lebih diperhatikan lagi dalam memilih modem. Selain itu pastikan jika anda ingin membeli modem sesuaikan dulu sistem operasi laptop anda.

3. Modem Yang Memiliki Kecepatan Jaringan Cepat
Memiliki modem dengan kecepatan jaringan yang cepat memang sangat menyengkan dan juga menghemat waktu, sebenarnya ada juga modem yang memiliki kecepatan jaringan yang tidak begitu cepat, pada tahun ini memang kecepatan sinyal internet sudah 4G. Maka dari itu jika anda ingin internetanya dengan nyaman dan gak lelet carilah modem dengan kecepatan jaringan yang cepat.

4. Proses Instalasi Mudah
Memang sekarang saat ini rata-rata modem USB dihadirkan dengan proses instalasi mudah, tanpa driver kita harus di-instal-kan melalui disc terpisah lebih dulu.

5. Pilihlah Modem Dengan Operator Kesukaan Anda
Hal yang kelima adalah memilih modem dengan operator yang menurut anda bagus , saat ini ada dua jenis modem yaitu GSM dan CDMA, Jika anda memilih operator dari GSM maka sudah pasti Anda harus membeli modem yang GSM. dan jika anda memilih operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA.

6. Play dan Plug
Hal yang keenam juga peting karena fitur ini sangat penting terdapat pada modem, dengan fitur ini agar tidak repot karena kita tidak memerlukan cd rom lagi untuk menginstal drivernya. Melainkan modem tersebut saat dimasukkan kedalam port usb akan melakukan proses instalasi driver dan software modem.
Jenis-Jenis Modem 
Memang banyak juga jenis - jenis modem yang ada pada tahun ini, jenis modem dapat juga dibedakan dengan berdasarkan pemasangannya dan jaringannya, jika berdasarkan pemasangannya modem bisa dibedakan menjadi modem internal dan modem eksternal sedangkan berdasarkan jaringannya modem bisa dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan meodem dengan media tanpa kabel.
  • Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuahmodem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya contohnya: TV kabel dan jaringan telepon
  • Modem internal adalah modem yang bentuknya mirip dengan LAN card yang kita pasangkan yaitu pada salah satu slot komputer serta memakai power suplply dari PC. Modem internal merupakan modem yang letaknya di dalam CPU dan menancap langsung ke motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah juga.
  • Modem eksternal adalah modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan di hubungkan lagi ke adaptor kemudian disambungkan.
  • Modem GSM adalah modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya. Modem GSM ini akan dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari provider apapun asalkan menggunakan kartu provider GSM.
  • Modem CDMA (Code Division Multiple Acces) adalah sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz. Contoh : modem smartfren.
Apa Fungsi Modem
Fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

Cara Memilih Provider Internet

1. Daerah Lokasi anda.
Jangan heran apabila kalau anda mendapati kualitas jaringan internet yang jelek dirumah anda, tetapi malahan bagus dirumah teman anda. Maksudnya yaitu, tidak semua tempat mendapat coverage jaringan HSPA/UMTS yang baik. Umumnya modem secara otomatis menurunkan tipe koneksi anda dari 3G ke 2G bila seandainya signal 2G lebih kuat daripada 3G. Tapi beberapa tipe modem dapat anda setting secara manual untuk selalu terhubung ke jaringan 3G. Jadi pilihlah provider internet yang jaringan signal 3G-nya lebih kuat dan baik didaerah anda.

2. Pengguna paket internet.
Mungkin ada beberapa dari teman anda mungkin mengatakan bahwa paket internet “A” itu bagus. Mungkin beberapa teman anda yang lainnya malahan mengatakan paket internet “B” itu bagus. Hal ini tidak dapat dijadikan patokan. Karena baik tidaknya suatu koneksi internet itu juga dipengaruhi oleh banyaknya user(pengguna) internet didaerah itu. Suatu tower (BTS) jaringan internet GSM umumnya hanya sanggup menerima 40 user secara bersamaan dalam satu waktu. Jadi apabila pengguna internet didaerah anda membludak tentu saja berpengaruh terhadap anda sendiri jadi ikut mendapatkan jaringan internet yang lambat.

3. Harga yang ditawarkan.
Faktor penentu penting dalam memilih provider internet. Saat ini banyak bertaburan paket internet yang ditawarkan oleh provider. Juga jangan sampai terkecoh dengan iming-iming harga murah. Karena biasanya paket internet yang murah kualitas jaringannya juga murahan. Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan koneksi internet yang baik. Ketimbang menghabiskan waktu untuk menunggu loading satu halaman website.

Demikian Semoga ini Bisa bermanfaat untuk kalian semua Terima kasih.
Share :
Facebook Twitter Google+

3 komentar

Write komentar
Shemi Storm
ADMIN

thanks gan atas tips nya dan sudah berbagi artikel cara memilih modem usb yang baik

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Hello,
I am glad to visit your blog, and I really like your writing this, it is very interesting to read and helpful as well. I want to learn a lot from you.
Thank you... :)

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

together friends, thank you also for your compliments on this blog I am very happy :)

Reply
avatar

Peraturan Berkomentar
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Dilarang Mencantumkan Link Aktif atau Link Tidak Aktif
3. Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
4. Dilarang Spam Dalam Berkomentar
5. Dilarang Saling Menghina

 
Back To Top