Pengertian Algoritma Google dan Macamnya

Blog Membahas Belajar Blogging Untuk Pemula

Sunday 13 September 2015

Pengertian Algoritma Google dan Macamnya

Google merupakan sebuah perusahaan internet terbesar didunia, google memang sudah menjadi kebutuhan manusia untuk berbagi informasi atau mencari informasi melalui internet melainkan juga google yang memiliki blogger memang ini sudah menjadikan blogger sebagai penghasil uang bagi para blogger pemula dan juga sukses banyak orang yang miliade gara-gara ngeblog dan sehingga mereka berhenti dari pekerjaanya dan memulai menjadi blogger full time.

Bagi anda yang menggeluti tentang SEO dan mengikuti perkembangan algoritma Google khususnya, tentu Google Penguin, Google Panda dan Google Hummingbird bukanlah hal yang baru. Tetapi meskipun demikian, tidak sedikit yang masih kena dampak hukuman dari tiga algoritma tersebut, baik orang sudah memiliki jam terbang yang banyak dalam hal SEO maupun yang masih baru. Maka dari itu, untuk menghindari kekeliruan dalam optimalisasi website kita sebagai blogger harus lebih memahami dengan baik tentang algoritma tersebut.

Image By searchengineland.com
Nah pada kali ini saya akan mempostingan artikel mengenai Perngertian dari algoritma google dan juga macamnya, Apa Itu Algoritma? Algoritma merupakan suatu sistematik yang rumit yang di kembangkan oleh beberapa pakar seo dan di aplikasikan dalam bentuk pencarian, pada dasarnya algoritma di ciptakan untuk menampilkan apa yang di minta oleh pengguna internet dan hasilnya disunguhkan kepada pengguna juga, tidak hanya untuk mensajikan permintaan saja, algoritma juga berfungsi untuk mengatur dan semua hasil penemuan pada website.

A. ALGORITMA GOOGLE PANDA
Google Panda merupakan Sebuah algoritma hasil pencarian Google yang bertujuan untuk menurunkan peringkat situs kualitas rendah atau tipis, sekaligus menaikkan peringkat situs yang berkualitas tinggi. Yang masuk dalam kategori low-quality tersebut adalah situs yang berisikan duplikat konten, konten yang identik dengan sumber atau situs lain sehingga dianggap google tidak menambah experience baru bagi pengguna, serta konten kualitas rendah yang bertujuan hanya untuk meningkatkan trafik saja tanpa memberikan hal yang baru dan unik bagi pengguna.

Algoritma Panda ini dirilis sejak Februari 2011 dampak yang pertama kali algoritma panda sangat mempengaruhi serp google dan banyak pakar seo yang protes tentang algoritma panda pasalnya banyak website dibuang jauh dari search engine dan bahkan ada beberapa webite di hapus dari search engine.algoritma ini yang akan memberi penilaian kepada konten anda. Seberapa berkualitas konten anda tersebut akan menjadi fokus dari algoritma google panda ini

Bagaimana Menghadapi Algoritma Google Panda
  • Buatlah artikel yang berkualitas karena algoritma google ini menilai dari isi artikel anda dan juga sebagai tambahan buatlah artikel yang memiliki jumlah kata yang panjang.
  • Pasanglah link internal pada artikel anda tetapi link internal tersebut harus sesuai dengan isi artikel yang dipasang link internal kalau tidak nanti halaman anda akan berkurang relevansi
  • Buatalah artikel yang lengkap yang bisa pembaca akan puas dengan isi artikel anda karena artikel yang lengkap itu lebih baik dari pada artikel banyak tetapi tidak lengkap.
B. ALGORITMA GOOGLE PENGUIN
Algoritma Ini merupakan salah satu algoritma filter yang bekerjasama dengan algoritma panda untuk menentukan kualitasnya dari suatu halaman website atau blog. Algoritma google ini yaitu penguin di luncurkan pada sejak April 2012. Penguin di luncurkan untuk memfilter pada situs yang mempunyai backlink tidak wajar untuk mengambil keuntungan dari google, saat itu memang banyak situs hanya berusaha menyepam saja tanpa harus mensajikan pengalaman pengguna. menurut saya algoritma ini berbahaya jika kita melanggarnya nanti kita akan terkena pinalty.

Ada banyak juga situs-situs yang di pinalty oleh google penguin saat itu karena mereka terang-terangan memborbardir backlink secara brutal, tanpa melihat kualitas dan relevansi backlink. tidak bisa di pungkiri kalau backlink adalah hal seo yang di perlukan oleh situs namun maraknya spammer google makin resah dan akhirnya google update algoritma penguin. Jika kita sampai terkena penalti oleh Google Penguin ini, maka akan sangat sulit untuk keluar dari penalti tersebut.

Bagaimana Menghadapi Algoritma Google Penguin
  • Carilah backlink yang berkualitas jangan pakai generator backlink jika anda melakukanya pasti anda akan terkena pinalty karena dianggap spam.
  • Anda harus selalu pantau data yang di berikan dari webmaster google. karena google akan mengirim data yang akurat tentang masalah blog anda. memang benar ini sangat berat untuk menerimanya namun setidaknya dengan bantuan alat google webmaster anda bisa mengetahui permasalahan situs anda.
C. ALGORITMA GOOGLE HUMMINGBIRD
Algoritma Google Hummingbird merupakan salah satu algoritma terbesar google yang dihadirkan untuk merevolusi cara google dalam merespon sebuah kueri pencarian. Algoritma ini dirilis sejak september 2013 algoritma hummingbird berfokus pada onpage dan offpage pada blog anda. Google hummingbird membuat perubahan besar di search engine karena google membuat algoritma lebih rumit dan komplex yang dapat merubah 90% hasil pencarian data. Google Hummingbird fokus memperbaiki pencarian data agar hasil pencarian benar-benar akurat sesuai dengan keyword yang dicari.
Share :
Facebook Twitter Google+

8 komentar

Write komentar
Unknown
ADMIN

nice. bermanfaat gan.

Reply
avatar
Rochman
ADMIN

sep gan untuk bahan PR saya heehe thanks mohon ijin sedot.

Reply
avatar

sangat bermanfaat, makasih banyak gan

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Silakan baca-baca gan mungkin bisa bermanfaat, dan juga terima kasih ya atas kunjunganya.

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Kunjunganya terima kasih ya

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Ya sama-sama Maz Kit

Reply
avatar
Daffa
ADMIN

Akhirnya ketemu juga nih post tentang Algoritma google, nice share gan

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Kalau begitu dibaca gan :)

Reply
avatar

Peraturan Berkomentar
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Dilarang Mencantumkan Link Aktif atau Link Tidak Aktif
3. Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
4. Dilarang Spam Dalam Berkomentar
5. Dilarang Saling Menghina

 
Back To Top