Ingin Belajar SEO Tetapi Harus Bertahap

Blog Membahas Belajar Blogging Untuk Pemula

Thursday 3 September 2015

Ingin Belajar SEO Tetapi Harus Bertahap

Apakah anda orang yang baru saja ingin blogging? Tentu anda harus kerja keras dong dalam blogging ya agar tidak terjebak dalam kesia-siaan anda dalam blogging. Dalam ngeblog kita diharuskan memang harus belajar SEO kalau tidak belajar SEO mana mungkin blog anda akan banyak pengunjung dan memeperoleh penghasilan kan anda pasti mau dong. Mungkin anda belum tahu tentang SEO berarti saya harus menjelaskanya dong?SEO merupakan  suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian(search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo. Nah pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget. Itulah yang dimaksud dengan SEO. 

Image by thenextweb.com
Dalam belajar SEO anda belajarnya tentu tidak secara Cepat tentu jika anda belajarnya asal-asalan mungkin anda tidak akan mengetahui SEO lebih dalam, Maka dari itu belajar SEO itu harus bertahap dan jangan terburu-buru agar anda menguasainya. Tahap-tahap Pertama anda jika ingin belajar SEO adalah.

A. Mulailah Anda Membuat Blog Dengan Benar
1. Pertama yaitu anda harus memulailah membuat blog dengan cara anda sendiri sebelum jika anda belum membuat blog tentukan dahulu niche blog karena niche merupakan sebuah topik yang akan anda kuasai untuk membuat sebuah artikel jika anda belum menentukan sebuah niche nantinya anda akan terjebak di tengah jalan dan anda akan bingung ingin membuat artikel tentang apa kecuali anda memilih ingin membuat blog tentang gado-gado atau campuran.

2. Kedua anda harus memilih sebuah nama dan domain untuk blog anda mungkin anda bisa menggunakan nama anda sebagai nama domain blog anda menurut saya kebih baik pilihlah domain atau URL blog anda yang mengadung kata kunci karena agar blog anda mudah sering tampil di search engine pada saat pengunjung menulis kata kunci di google seacrch

3. Ketiga setelah anda sudah membuat blog, Memilih domain dan menentukan niche anda harus memilih kata kunci yang tepat untuk artikel anda yang ingin anda buat contohnya jika anda ingin membuat artikel tentang blog tutorial anda bisa menentukan kata kunci yang tepat seperti cara menentukan keyword, cara membuat blog dll pokoknya pilihlah keyword yang jumlah kata sedikit dan belum ada yang menggunakan keyword tersebut agar tidak duplikat konten.

B. Selanjutnya Melakukan Optimasi SEO Onpage
Selanjutnya jika blog anda sudah jadi dan artikel sudah dipublikasikan, ada hal yang lain yang perlu anda lakukan agar blog anda bisa disukai oleh google tentu jika blog disukai oleh google maka blog tersebut tidak akan dibanned oleh google. Mungkin anda menginginkanya dong?

1. Pertama adalah memilih sebuah template dengan struktur yang responsive dan seo friendly, memiliki blog dengan template yang bagus itu biasanya membuat pengunjung blog kita akan lebih betah berada didalam blog anda selain itu memilih sebuah template yang responsive akan memudahkan pengunjung bisa melihat isi artikel anda dengan tampilan yang pas dengan ponsel smarthphone pasti anda tahu banyak pengguna internet sekarang menggunakan banyak yang smarthphone karena smarthphone sudah canggih dan pastinya semua orang memilikinya tentu anda juga kan? Selanjutnya anda juga diharuskan memilih template seo friendly, apa sih template SEO Friendly? Template SEO friendly merupakan template yang memiliki ukuran HTML yang tidak terlalu besar, sehingga struktur template tersebut dapat ditelusuri oleh mesin pencari yang tentu saja membuat blog anda lebih dikenali oleh mesin pencari. Keuntunganya jika anda menggunakan template SEO Friendly adalah dapa mempercepat pengidex kan artikel anda ke mesin pencari sealin itu juga disukai oleh mesin pencari pasti anda mau kan? kalau begitu pakailah template SEO Friendly. 

2. Bagian kedua adalah anda harus memasang Title Tag pada template blog anda karena dengan memasang title tag itu berguna untuk menentukan teks yang muncul di bagian atas dari jendela browser saat mengunjungi halaman Web. Title tag juga muncul sebagai teks link ketika situs muncul dalam hasil pencarian. Atau judul dari sebuah website dan ini adalah bagian terpenting dari penilaian google dalam menghitung algoritma pencarian. Idealnya tittle tag ini adalah unik dan mengandung keyword yang sesuai dengan website selain itu juga dalam SEOTitle tag berpengaruh dalam ranking situs. Pastikan bahwa title tag adalah teks yang cocok dan relevan dengan tema halaman Web Anda. Anda bisa memasang Title Tag Silakan Copy Kode dibawah ini.
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
Setelah anda memasang Title Tag pada blog anda selanjutnya adalah dengan memasang Meta Tag karena dengan memasang Meta Tag pada blog anda itu untuk menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah halaman Web atau blog. Meta Tag yang paling berpengaruh dalam Search Engine adalah tag keyword dan tag description Kegunaan dalam SEO Penggunaan Tag tersebut dalam suatu web adalah agar situs anda terdaftar di Mesin Pencari.

3. Hal yang ketiga adalah mendaftarkan blog anda ke webmaster tools, apa sih yang dimaksud dengan webmaster tools? sebuah perangkat atau alat bantu yang disediakan oleh Google dalam mengoptimalkan sebuah blog / website yang bisa diakses tentunya apabila blog atau situs tersebut telah didaftarkan sebelumnya ke google. kegunaan mendaftarkan blog anda ke webmaster adalah untuk mempermudahkan blog anda cepat terindex di mesin pencari selain itu juga mempermudahkan google untuk meng crawling blog anda. dan juga Google Webmaster juga mendukung upaya situs dalam meningkatkan pergerakan pagerank. Kita bisa melakukan upaya tersebut melaui penyempurnaan HTML dengan menghapus link yang rusak, duplikat konten, duplikat meta deskripsi, dan memperbaiki judul tag yang hilang  salah satu penyebabnya karena kita lupa menulis judul posting, nah itulah kegunaanya.

Hal yang Terakhir Mengoptimasikan SEO Offpage
Nah yang terakhir ini adalah anda tinggal membuat blog anda banyak pengunjungnya anda bisa mencari backlink sebagai meningkatkan ranking blog anda dan mempertahankan posisi di serp mungkin anda belum tahu ap itu backlink? Backlink merupakan Link / tautan yang berada di situs lain dan mengarah ke situs kita. backlink memang mempunyai peranan penting pada seo untuk blog anda. maka saatnya anda untuk belajar beberapa teknik sederhana untuk menghasilkan Backlink menuju situs Anda. Satu hal yang harus Anda ketahui tentang Backlink dalam SEO adalah,bukan jumlah backlink yang penting, tapi itu kualitas artikel anda yang paling penting di blog.
Share :
Facebook Twitter Google+

5 komentar

Write komentar
Admin
ADMIN

info SEO nya lengkap sekali gan, makasih

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Saya sering baca-blog Anda, sangat bermanfaat menurut saya beberapa tips yang Anda tuliskan bagi saya yg masih awam tentang SEO blog atau apalah itu namanya. Thanks bro atas tips belajar SEO nya.

Reply
avatar
Ahmad Aditya
ADMIN

makasih,, masih harus banyak belajar saya :)

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Wah sama-sama gan , makasih juga atas kunjunganya.

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Terima kasih atas kunjunganya gan. Memang kalo masih blogger pemula harus belajar seo.

Reply
avatar

Peraturan Berkomentar
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Dilarang Mencantumkan Link Aktif atau Link Tidak Aktif
3. Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
4. Dilarang Spam Dalam Berkomentar
5. Dilarang Saling Menghina

 
Back To Top