Ini Dia Cara Kerja Search Engine Google

Blog Membahas Belajar Blogging Untuk Pemula

Monday 7 September 2015

Ini Dia Cara Kerja Search Engine Google

Mungkin semua orang sudah mengenalnya tentang Google, Google merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet.   Dalam blogging tentu kita harus mengenal tentang google dan bagaimana cara kerjanya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara kerja mesin pencari google.
Image By Hopegatesoftware.com
Apa Sih Manfaat Search Engine
Sebagai suatu fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi, dan pengetahuan yang ada di internet, mempercepat dan mempermudah dalam menemukan konten, informasi, website yang kita cari bahkan dapat mengetahui banyak hal melalui search engine tersebut seperti informasi – informasi yang bersifat umum maupun khusus.

Perlu anda ketahui dalam internet ada Triliunan halaman yang memuat tentang pembahasan yang berbeda.Sebelum kita membahas bagaimana cara kerja mesin pencari google, kita harus mengetahui apa itu Search Engine? Search Engine Merupakan sebuah sistem perangkat lunak software yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web {www}. Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (Serp).  

Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors). 

Selain itu juga sangat banyak hasil data yang akan di munculkan oleh mesin pencari ketika pengguna mengetikan sebuah kata kunci, urutan yang ada di paling atas atau halaman pertamalah yang mempunyai isi paling akurat. Keakuratan sebuah mesin pencari dalam menyajikan data dan informasi yang dicari oleh pengguna dapat menjadi barometer kualitas sebuah mesin pencari.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine Google
Nah lalu bagaimana sih cara kerja search engine sehingga ia bisa bekerja dengan sangat cepat dalam menemukan lokasi kata kunci tertentu diantara jutaan halaman yang ada di internet? Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang beberapa halaman web yang diambil secara langsung dari url atau link. Halaman ini di ambil dengan web crawler, browser web otomatis mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. 

kemudian isi setiap halaman dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya misalkan kata-kata yang di ambil dari judul, subjudul, atau filed khusus yang di sebut meta tag. Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya, inilah proses penyimpanan data yang mana kalau kita membutuhkan maka dengan cepat search engine akan menyuguhkan. Nah itulah cara kerjanya mungkin kalau anda belum lebih maksud cara kerjanya! Anda bisa melihat Videonya dibawah ini.


Nah itulah cara kerja Search Engine Google mungkin dengan anda mengetahui tentang cara kerja mesin pencari atau search engine juga sebagai menambah wawasan tentang google dengan begitu anda tidak awam tentang Google.

Mungkin sampai disini saja saya membahas tentang Ini Dia Cara Kerja Search Engine Google  
semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih
Share :
Facebook Twitter Google+

6 komentar

Write komentar

waahhh informatif sekali!

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

thankss info nya gan (y)

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Terima Kasih sudah berkunjung gan

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Ya sama-sama gan, silakan baca artikel lainnya gan mungkin bisa membantu anda.

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

yup benar seklai google sangat banyak manfaanya untuk kita apalagi jika kita sedang mencari sebuah informasi google juga snagat mudah untuk digunakan dan dimengerti oleh orang yang biasa..

Reply
avatar
Unknown
ADMIN

Memang menurut saya google merupakan teknologi yang sangat baik untuk manusia dalam mencari informasi, dan juga google sudah menjadi kebutuhan. :)

Reply
avatar

Peraturan Berkomentar
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Dilarang Mencantumkan Link Aktif atau Link Tidak Aktif
3. Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
4. Dilarang Spam Dalam Berkomentar
5. Dilarang Saling Menghina

 
Back To Top